Pelangikita

Friday, October 28, 2011

Pemasaran

Pemasaran secara umum adalah rangkaian proses penawaran produk dari pihak produsen kepada individu atau kelompok yang membutuhkan atau menginginkan. Pemasaran adalah bidang yang paling dinamis dalam ilmu manajemen. Karena pasar selalu melahirkan tantangan-tantangan baru, maka produsen akan berusaha merespon hal itu.

Tugas pemasaran adalah menjabarkan kebutuhan masyarakat menjadi peluang yang menguntungkan. Pada proses pemasaran, perusahaan berusaha untuk menghasilkan laba yang optimal dari penjualan produk yang ditawarkan ke pasar. Yang tentunya diawali dengan perencanaan yang matang, bukan sekedar melepas produk ke pasar. Perusahaan harus memformulasikan suatu strategi yang luas dan mendefinisikan bauran pemasaran yang spesifik dan rencana tindakan untuk mengoptimalkan kinerja jangka panjang.

Ada beberapa kutipan tentang definisi pemasaran yang bisa kita lihat, agar frame tentang pemasaran bisa lebih kita pahami.
 
Menurut Phillip Kotler, (2004:16) manajemen pemasaran adalah analisa, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program yang di rancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntung dengan pembeli sasaran demi tercapai tujuan organisasi

Sedangkan menurut Sofyan Assauri (2000:12) manajemen pemasaran merupakan kegiatan penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian program-program yang dibuat untuk membentuk, membangun, dan memelihara keuntungan dari pertukaran melalui sasaran pasar guna mencapai tujuan organisasi (perusahaan) jangka panjang.

No comments:

Post a Comment